Sabtu, 02 Desember 2017

PENDEKATAN KONTEKSTUAL

TUGAS MANDIRI
NAMA : INDAH CHAIRUNNISA
NIM : A1C316065


                PENDEKATAN KONTEKSTUAL

a.       Pengertian
Strategi pembelajarn kontekstual merupakan suatu proses pendidikan yang holistic dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari(konteks pribadi,soaial dan kultural) sehingga siswa memiliki pengetahuan/keterampilan yang seacra fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari suatu permasalahan/konteks lainnya.
            Pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan  antar materi yang diajarakan dan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dlam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu,hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami.

b.      Asas- asas pendekatan kontekstual
·         Kontruktivisme, yaitu proses membangun dan menyususn  pengetahuan yang baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman.
·         Inquiri yaitu proses pembelajaran didasarkan pada pencanaan dan penemuan melalui proses berpikir secara sistematis.
·         Bertanya, dapat dipandang sebagai refleksi dari keingintahuan setiap individu sedangkan menjawab pertanyaan mencerminkan kemampuan seseorang dalam berpikir.
·         Masyarakat belajar, konsep masyarakat belajar adalah hasil pembelajaran yang diperoleh melalui kerjasama dengan orang lain.
·         Pemodelan , proses pembelajaran dengan memperagakan sesuatu sebagai contoh yang dapat dituri oleh setiap siswa.
·         Refleksi yaitu proses mengingatkan pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan cara mengurutkan kembali kejadian-kejadian atau persitiwa pembelajaran yang telah dialluinya.
·         Penilaian nyata yaitu proes pengumpulan data yang memberikan gamabaran perkembangan hasil belajar siswa. Gambaran proes dan kemajuan siswa perlu diketahui sepanjang proses pembelajaran.

c.       Pendekatan konstektual dalam pembelajaran Fisika
Dalam memahmi segala sesuatu tentang gejala alam,fisika selalu mendasarkan kegiatan pengamatan dan fakta-fakta. Inilah bentuk konsep-konsep fisika yang mendasar terbangunnya ilmu fiska. Salah satu tindakan pembelajaran yang perlu dilakuakn oleh guru yaitu dengan memperbaiki metode pembelajaran yang digunakan. Metode yang tepat pada pembelajaran ini yaitu metode inquiri.


Sumber:
Trianto,2016.Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Retnasari,riska.2016. Pengaruh Pendekatan Kontesktual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Sumedang : Jurnal Pena Ilmiah vol 1 no 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PPT Analisis hubungan Antara gaya dengan Getaran Pada pegas

https://drive.google.com/open?id=1iNUCCIi8rqGBRBAq1sWuaX0toQiKPBU0