NAMA : INDAH CHAIRUNNISA
NIM : A1C316065
PENDEKATAN
KONTEKSTUAL
a. Pengertian
Strategi pembelajarn kontekstual merupakan suatu
proses pendidikan yang holistic dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami
makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut
dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari(konteks pribadi,soaial dan
kultural) sehingga siswa memiliki pengetahuan/keterampilan yang seacra
fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari suatu permasalahan/konteks
lainnya.
Pendekatan
kontekstual (contextual teaching and learning) merupakan konsep belajar yang
membantu guru mengaitkan antar materi
yang diajarakan dan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat
hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dlam kehidupan
mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu,hasil
pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran
berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami.
b. Asas- asas pendekatan kontekstual
·
Kontruktivisme,
yaitu proses membangun dan menyususn
pengetahuan yang baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan
pengalaman.
·
Inquiri yaitu
proses pembelajaran didasarkan pada pencanaan dan penemuan melalui proses
berpikir secara sistematis.
·
Bertanya, dapat
dipandang sebagai refleksi dari keingintahuan setiap individu sedangkan
menjawab pertanyaan mencerminkan kemampuan seseorang dalam berpikir.
·
Masyarakat
belajar, konsep masyarakat belajar adalah hasil pembelajaran yang diperoleh
melalui kerjasama dengan orang lain.
·
Pemodelan ,
proses pembelajaran dengan memperagakan sesuatu sebagai contoh yang dapat
dituri oleh setiap siswa.
·
Refleksi yaitu
proses mengingatkan pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan cara
mengurutkan kembali kejadian-kejadian atau persitiwa pembelajaran yang telah
dialluinya.
·
Penilaian nyata
yaitu proes pengumpulan data yang memberikan gamabaran perkembangan hasil
belajar siswa. Gambaran proes dan kemajuan siswa perlu diketahui sepanjang
proses pembelajaran.
c. Pendekatan konstektual dalam pembelajaran Fisika
Dalam memahmi segala sesuatu tentang gejala
alam,fisika selalu mendasarkan kegiatan pengamatan dan fakta-fakta. Inilah
bentuk konsep-konsep fisika yang mendasar terbangunnya ilmu fiska. Salah satu
tindakan pembelajaran yang perlu dilakuakn oleh guru yaitu dengan memperbaiki
metode pembelajaran yang digunakan. Metode yang tepat pada pembelajaran ini
yaitu metode inquiri.
Sumber:
Trianto,2016.Desain
Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Retnasari,riska.2016. Pengaruh Pendekatan Kontesktual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis
dan Motivasi Belajar Siswa. Sumedang : Jurnal Pena Ilmiah vol 1 no 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar